Cara Menyambungkan HP Android ke TV

Pengguna smartphone kini bisa dengan mudah di mana saja menonton tayangan televisi di HP. Meski sudah berpuluh tahun lebih dulu hadir sebelum smartphone, gak bisa dipungkiri bahwa keberadaan TV terancam oleh adanya smartphone.
HomeFree TV - TV Android    1.0.30 
Apps  Browser   AVerMedia TECHNOLOGIES, Inc.
DOWNLOAD
Meski demikian, hadirnya berbagai televisi pintar keluaran terbaru yang dilengkapi berbagai fitur ala smartphone seakan menjadi seruan dari perangkat tersebut dalam menolak 'kepunahan'.
Yang jelas, percampuran antar dua perangkat ini jadi salah satu fenomena menarik di dunia teknologi.

Manfaat Melakukan Cara Menyambungkan HP ke TV

Di sini Jaka gak akan membahas lebih jauh mengenai konvergensi smartphone dan TV, tapi Jaka akan balik lagi ke topik utama yang ingin Jaka bagikan yaitu mengenai cara menyambungkan HP ke TV. Sebelum masuk ke caranya, mari kita bahas sedikit apa manfaat jika dua perangkat ini disambungkan.
cara-menyambung-hp-ke-tv
Sumber foto: TechCrunch
Manfaat menyambungkan dua perangkat ini antara lain adalah menjadikan aktivitas yang kamu lakukan di HP lebih nyaman karena bisa kamu lakukan di layar TV yang tergolong lebih lebar, apalagi jika TV kamu sudah memiliki kualitas layar HD, ultra HD atau lebih tinggi.
Aktivitas seperti gaming atau nonton film bareng teman dan kerabat tentu akan lebih menyenangkan jika dilakukan di layar TV.

Cara Menyambungkan HP Android ke TV dengan Kabel

Setelah mengetahui manfaat menggabungkan keduanya, Jaka akan terlebih dulu memulai dengan cara menghubungkan HP ke TV dengan menggunakan bantuan kabel.
Untuk itu, kamu membutuhkan sebuah kabel HDMI to HDMI untuk bisa melakukannya.
cara-menyambung-hp-ke-tv-dengan-kabel
Sumber foto: Amazon
Setelah memiliki kabel HDMI yang dibutuhkan serta memastikan kabel tersebut kompatibel dengan smartphone maupun TV kamu, maka kamu bisa mulai mencoba menghubungkan kedua perangkat. Langsung aja ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Pertama-tama, kamu perlu terlebih dulu mematikan televisi.
  • Hubungkan smartphone Android dengan TV menggunakan kabel HDMI yang sudah tersedia. Ujung yang kecil untuk dicolok ke smartphone, sedangkan ujung yang besar untuk dipasang ke socket TV yang bertuliskan HDMI.
  • Jika sudah terpasang, nyalakan kembali TV yang sebelumnya sudah kamu matikan. Lanjutkan dengan memindahkan saluran ke menu HDMI.
  • Beralih ke smartphone, aktifkan menu HDMI Connection yang ada di smartphone dengan memberi checklist alias tanda centang pada opsi tersebut.
  • Tampilan layar smartphone kamu kini sudah sama dengan apa yang ada di tampilan layar TV. Dengan kata lain, kedua perangkat sudah terhubung alias tersambung.

Cara Menyambungkan HP Android ke TV Tanpa Kabel

Jika sebelumnya menggunakan bantuan kabel, kali ini giliran kamu mencoba cara menghubungkan HP Android ke TV tanpa menggunakan kabel. Ada dua cara atau metode yang bisa kamu lakukan.

Cara Menyambung HP ke TV Menggunakan Chromecast

Cara ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan Chromecast. Chromecast sendiri adalah sebuah alat dari Google untuk dapat menikmati koneksi internet dan melakukan streaming. Alat yang satu ini wajib dimiliki jika kamu mempunyai sebuah smart TV.
cara-menyambung-hp-ke-tv-chromecast
Sumber foto: soonev
Jika sudah menghubungkan Chromecast ke smart TV yang kamu punya, kamu bisa langsung mengikuti langkah-langkah berikut:
  • Instal aplikasi Google Home di smartphone Android kamu. Salah satu fitur dalam aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengontrol Chromecast. Langsung aja download melalui linkyang Jaka sediakan di bawah ini.
Google Home    for Android 
Apps  Desktop Enhancement   Google Inc.
DOWNLOAD
  • Selanjutnya, aktifkan WiFi di smartphone kamu.
  • Beralih ke TV kamu, pindahkan saluran ke HDMI dengan remote yang kamu miliki.
  • Kamu akan diminta melakukan proses sinkronisasi dengan memasukkan kode yang muncul di layar TV. Masukkan kode tersebut dan seketika, smartphone dan TV kamu akan terhubung.

Cara Menyambung HP ke TV Menggunakan AllShare

cara-menyambung-hp-ke-tv-all-share
Sumber foto: Okdiario
Cara yang satu ini sayangnya hanya bisa digunakan untuk kamu pengguna smartphone Samsung Galaxy Series. Jika kamu termasuk salah satunya, maka Jaka sarankan untuk kamu memilih cara yang satu ini.
AllShare adalah sebuah fitur yang disematkan pada setiap seri smartphone Samsung Galaxy untuk bisa sharing layar antara smartphone dengan televisi hanya dengan sekali klik.